Info seputar Baturaja

Spoiler for BATURAJA

Nama Kabupaten Ogan Komering Ulu diambil dari nama dua sungai besar yang melintasi dan mengalir di sepanjang wilayah kabupaten OKU, yaitu sungai Ogan dan Sungai Komering. Berdasarkan sejarah, sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Nomor 9 Tahun 1997 tanggal 20 Januari 1997, Tahun 1878 ditetapkan sebagai tahun kelahiran nama Ogan Komering Ulu. Sedangkan berdasarkan peraturan perundang-undangan, Kabupaten Ogan Komering Ulu terbentuk dengan keluarnya Undang-undang Nomor 11 Tahun 1950 tentang Pembubaran Negara Bagian Sumatera Selatan dan Peraturan Pemerintah Penganti Undang-undang Darurat Nomor 3 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah Sumatera Selatan menjadi Propinsi didalam Negara Republik Indonesia.

Selanjutnya melalui Keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor GB/100/1950 tanggal 20 Maret 1950, ditetapkan batas-batas wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan ibu kota kabupaten di Baturaja. Sejalan dengan Undang-undang Darurat Nomor 4 Tahun 1956 yang diperkuat dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II Kotapraja di Sumatera Selatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1959 Nomor 73. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 1821), Kabupaten Ogan Komering Ulu menjadi daerah otonom yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri.

Sesuai dengan semangat Otonomi Daerah, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Kabupaten Ogan Ilir di Provinsi Sumatera Selatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 152, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4347), pada tahun 2003 Kabupaten OKU resmi dimekarkan menjadi 3 (tiga) Kabupaten, yakni (1) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU TIMUR) dengan Ibukota Martapura; (2) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU SELATAN) dengan Ibukota Muaradua dan (3) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dengan Ibukota Baturaja.

BUPATI KABUPATEN OKU TAHUN 1949 – SEKARANGNo Nama Masa Jabatan
1. M. Said 1949 – 1950
2. Nawawi 1950 – 1952
3. Aziz 1952 – 1954
4. Mustofa 1954 – 1956
5. Saleh 1956 – 1958
6. Harum 1958 – 1962
7. Usman Raden Mangku 1962 – 1963
8. Rusman Effendi Rustam 1963 – 1968
9. M. Muhammad Muslimin 1968 – 1979
10. HM. Saleh Hasan, SH. 1979 – 1989
11. Drs. H. Mulkan Aziman 1989 – 1994
12. Amiruddin Ibrahim 1994 – 1999
13. H. Rosihan Arsyad 1999 – 2000
14. Ir. Syahrial Oesman, MM.2000 – 2002
15. Eddy Yusuf, SH., MM. 2002 – 2008
15. Drs. Yulius Nawawi 2008 s/d Sekarang

kaskus-forum.blogspot.com - Profile Kota Baturaja and sekalian nanya hehe...

profile ini saya ambil dari www.kavlingtanah.com Disitu jual2 tanah kavlingan tapi bisa nycil gituu, bagi agan2 yang tau infonya apakah itu beneran apa boongan. soalnya ane tertarik mau ikut nycil hehe, secara ane orang baturaja…

Profil Kota Baturaja

Baturaja merupakan kota kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu) Sumatera Selatan dengan luas 10.408 km2 dan memiliki penduduk kurang lebih 1 juta jiwa yang mengandalkan mata pencaharian dari pertanian karet dan sawit dengan DAU Rp. 375.426.926.000. Pada tahun 2003, Kabupaten OKU pecah menjadi 3 (tiga) berdasarakan dengan UU No. 37 Tahun 2003, kabupaten ini dimekarkan menjadi tiga kabupaten, yaitu: Kabupaten Ogan Komering Ulu (induk), Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Pemekaran wilayah Kabupaten OKU tersebut, membawa perubahan yang signifikan pada pembangunan dan kegiatan ekonomi masyarakat setempat. Bukti nyata pembangunan dan perekonomian Baturaja semakin maju terlihat dari berdirinya berbagai sarana dan prasarana seperti:

Stadion Madya Baturaja

Spoiler for Stadion madya ini digunakan untuk sarana olahraga terutama sepak bola di Kota Baturaja dimana Kota Baturaja memilki tim sepak bola bernama PERSIBAJA
kaskus-forum.blogspot.com - Profile Kota Baturaja and sekalian nanya hehe...kaskus-forum.blogspot.com - Profile Kota Baturaja and sekalian nanya hehe...

Gedung Olahraga Baturaja

GOR ini sebagai sarana berbagai cabang olahraga dan turnamen-turnamen seperti Tenis Meja, Badminton, Silat, Volli dan lain-lain.

Kolam Renang Baturaja

Kolam renang sudah memenuhi standar Internasional yang dapat digunakan untuk masyarakat umum dan juga perlombaan-perlombaan renang tingkat daerah maupun nasional.

Mall Kanio

Mall Ramayana

Hal menarik yang bercirikan gerak langkah modern masyarakat, bersama dengan majunya perekonomian, tercermin dari keberadaan Mall atau pusat perbelanjaan modern. Saat ini, Kota Baturaja telah memiliki 2 Mall yang berdiri tegak seperti Ramayana dan Kanio yang memudahkan masyarakat untuk belanja untuk memenuhi kebutuhan, selain beberapa minimarket yang bertebaran di berbagai pelosok Kota Baturaja, menambah semarak kehidupan dan perputaran ekonomi masyarakat Baturaja.

Islamic Center Baturaja

Sarana ibadah seperti Islamic center menjadi kebanggaan masyarakat Baturaja dan juga sebagai sarana ibadah serta acara-acara besar kerohanian.

Taman Kota Baturaja

Taman kota yang dibangun tepat di tengah-tengah Kota Baturaja menambah lengkap keindahan Kota Baturaja, sebagai tempat yang membangun image dan Ikon Kota Baturaja yang penuh pesona dan keunikan tersendiri, sehingga ini merupakan value added bagi Kota Baturaja.

Gedung Kesenian Baturaja

Gedung ini seringkali digunakan untuk acara-acara bernafaskan kesenian daerah serta acara-acara sakral lainnya. Keberadaan gedung kesenian Baturaja sangat penting, dalam menggali dan melestarikan kesenian tradisional Baturaja khususnya dan Sumatra Selatan pada umumnya. Gedung kesenian ini sangat strategis dalam mendukung gerak kemajuan pembangunan di Kota Baturaja terutama sebagai asset menarik penunjang aktivitas pariwisata daerah.

Gedung SKB

Gedung SKB ini seringkali digunakan untuk acara-acara yang berkaitan dengan pendidikan untuk masyarakat umum. Di samping itu, gedung ini, juga dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan pelatihan bagi masyarakat umum yang membutuhkan memiliki keterampilan dalam bidang tertentu yang difasilitasi oleh pemerintah daerah Kota Baturaja. Keberadaan Gedung SKB ini, tentu memberi dampak positif terutama dalam meningkatkan sumberdaya manusia dan penciptaan kesempatan kerja di Kota Baturaja.

Tempat Wisata

Wisata Baturaja memiliki keunikan sendiri karena memilki nilai history yg khas, seperti Goa Putri, Lesung Bintang, Masjid Perahu dan lain-lain. Tempat wisata tersebut, selama ini telah memberi sumbangan yang positif untuk menarik wisatawan berkunjung ke Baturaja. Ke depan dengan menggabungkan konsep wisata terpadu dengan satellite city, diharapkan keberadaan asset wisata ini memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan jumlah wisatawan baik nusantara maupun asing sehingga Kota Baturaja semakin maju.

Universitas

Di OKU ada 6 (enam) perguruan tinggi yang sangat potensial dan berkembang, yakni Universitas Baturaja, AMIK AKMI, STIE Dwi Sakti, STIEKES Al-Ma’rif, AKBID Al-Ma’rif dan AKPER Depkes Baturaja.

Perguruan tinggi tersebut memilki banyak mahasiswa dari berbagai kota sekitar, seperti OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Way Kanan, Liwa, OKI, Prabumulih dan lain-lain. Keberadaan perguruan tinggi tersebut telah memberikan sumbangan yang sangat positif bagi kemajuan Kota Baturaja.

Kehidupan kampus yang dinamis, inovatif dan didukung kolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat melalui tri dharma perguruan tinggi, banyak prestasi yang sudah tercipta untuk mendukung kemajuan Kota Baturaja, sehingga tidak tertinggal jauh dengan daerah lainnya.

Perguruan tinggi tidak dapat dipandang sebelah mata dalam mengawal kemajuan suatu daerah, oleh karena itulah pemerintah daerah Kota Baturaja sangat concern dalam pembangunan sumberdaya manusia dengan melibatkan perguruan tinggi setempat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s