Makanan Khas OKU

pindang Gurame

Bagi sebagian besar masyarakat Lampung baik suku asli maupun pendatang, rasanya sudah tidak lagi dengan menu ikan pindang. Tapi menu yang satu ini bukan pindang biasa, namun sajian menu istimewa dari Raja Gurame yaitu pindang gurame tempoyak.

“Yang membuat istimewa tentu saja penggunaan tempoyak pada pindang ini,”

Pindang tempoyak, tentu saja terasa sangat nikmat sebab menggunakan durian-durian terbaik Baturaja yang disulap menjadi tempoyak.

Aroma khas tempoyak akan terasa menggugah selera dan nafsu makan siapapun yang berada di dekatnya. Lagi pula, sajian ini tidak seperti sajian pindang lainnya yang berbentuk kuning, melainkan bening laiknya sup. Ini jelas membuat siapa saja dapat menikmati pindang gurame ini.

hmm, jadi kalau teman – teman semua berkunjung di baturaja bisa mampir kok, sekedar ingin merasakan lezatnya pindang gurame.

Nasi Goreng Baturaja
Jika Anda berkunjung ke Baturaja, Sumatera Selatan, cobalah menu Nasi Goreng khas Baturaja. Nasi goreng Baturaja ini terasa sedikit unik dan tidak seperti nasi goreng biasanya walaupun bentuk dan tampilan nasi goreng adalah sama seperti nasi goreng yang kita jumpai sehari-hari yang digoreng berwarna coklat karena digoreng dengan menggunakan kecap manis. Rasa yang unik dari nasi goreng Baturaja ini adalah karena dalam bumbu untuk membuat nasi goreng ditambahkan cengkeh.
Nasi goreng Baturaja ini diberi taburan telur dadar yang digoreng tipis dan diiris memanjang, bawang goreng, krupuk serta beberapa potong mentimun dan irisan tomat.
Penulis pada tanggal 3 Februari 2010 mencoba menu nasi goreng Baturaja ini rumah makan “Nasi Goreng dan Soto Poso Arazie” yang terletak di Jl. Pahlawan Kemarung, Baturaja, Sumatera Selatan (tepatnya di depan Hotel Kencana VIP). Nasi Goreng ini dijual dengan harga Rp 8.000 per porsi. Selain menjual nasi goreng di Rumah Makan ini juga menjual soto poso (poso artinya adalah paru). Soto poso sama seperti soto biasanya dengan berbahan paru-paru sapi.

Leave a comment